"Sidney Hook sosok filsuf humanis demokrat"


Pertama sangat jelaslah dalam membaca esai-esai Sidney Hook almarhum ini, bahwa beliau adalah putra tulen dunia Amerika Utara: liberal, pembela demokrasi politik dan ekonomi, pemuja free enterprise dan free fight, penganut pragmatisme, pendekar kebebasan, humanis sekular, dan tentu saja orang yang berpaling membelakangi komunisme walaupun beliau pernah terpesona oleh Marxisme.  Seorang Socrates memang, yang mengajak kita kritis, juga dalam wilayah yang paling sukar, yakni kritis terhadap diri sendiri.  Namun beliau tetaplah seorang Socrates dari negeri Uncle Sam, yang meninggal sebelum dasawarsa 1990-an terbit.  Ini bukan penilaian yang otomatis negatif, akan tetapi perlu kita perhatikan.
Liberalisme dan dunia free enterprise mengandung banyak hal yang bagus, yang memupuk daya kreativitas dan daya kritis yang sangat diperlukan demi perkembangan manusia selaku pribadi dan masyarakat.  Kemerdekaan manusia pribadi sangat sentral dalam pemikiran Hook dan seumumnya dalam alam liberalisme.  Inilah aset dari kekuatannya yang sangat vital demi kemajuan dalam segala bidang, namun juga, seperti setiap isme, sekaligus kelemahannya.  Liberalisme sebetulnya adalah dasar manusia-manusia yang memang dari “sono”nya sudah pandai, kuat, merdeka, berani berpetualang, agresif.  Pokoknya manusia unggul.  Bangsa Amerika dari awal-mula terdiri dari para emigran yang justru memilih menjadi emigran karena dasar wataknya memang sudah pemberani, tidak mau mengalah kepada nasib, manusia pencinta kebebasan, banyak akal, manusia eksplorator, kuat bertahan dalam kesulitan, tidak gentar berpetualang.  Atau, dalam ungkapan sosiolog Amerika, Michael Maccoby, yang mempunyai ciri-ciri prototipe: the Gamesman, the Junglefighter, the Craftman, dan the Companyman, juara-juara sekaligus jawara-jawara dalam free fight dan free enterprise.
Manusia unggul selalu liberal dan sangat suka pada demokrasi liberal, pada kebebasan dan sebagainya. Sebab, ia punya kemampuan dan modal untuk bertarung dalam medan pergulatan dan kompetisi politik, ekonomi dan cultural. Ia dapat kalah, tetapi ia bertarung karena pada perhitungannya ia mempunyai harapan nyata untuk menang, asal ada peraturan permainan yang dipatuti bersama. Hook adalah salah satu filsufnya, di samping gurunya John Dewey, dan sederetan pemikir-pemikir dan pakar-pakar ulung pendahulunya, sampai pada sang Bapa Amerika Serikat, Jefferson.
Sidney Hook sebagai humanis sekular (mungkin lebih tepat sekularitis) dan penganut Natural Ethics tentu saja tidak sejauh orang kebanyakan Amerika dengan paham yang terkenal sebagai “American Creed”, yakni sebentuk Civil Religion yang menyerambahi semua warga negara USA secara eksplisit maupun implisit, yang berdogma “Amerika negeri terpilih oleh Tuhan, Israel Baru, dengan panggilan serta tujuan khusus di dunia ini demi kemerdekaan individu, ketidaktergantungan pada siapa pun, negeri demokrasi sosial politik,” dan sebagainya; dengan barangkali tambahan khas sekarang: “yang bertugas mulia sebagai Polisi Dunia.” Dalam baris-baris tulisannnya kita dapat membaca, betapa kebebasan, demokrasi, pikiran terang, sains, pragmatisme dan sebagainya, adalah inti-inti dasar filsafatnya, yang sebetulnya tidak mengejutkan dan boleh dikatakan sangat normal bagi seorang putera Amerika Serikat. Pragmatisme, seperti yantg ditunjuk oleh Profesor Paul Kurtz adalah “the theory and practice  of enlarging human freedom in a precarious and tragic world by the arts of intelligent social control.”
Lewat kacamata itulah kita membaca esai-esai filsafatinya tentang humanisme demokratik, maksud tujuan pendidikan, naturalisme dalam etika dan lain-lain, yang terkumpul dalam bunga rampai ini. Banyak pikirannya berharga bagi kita bila kita ingin menjadi nasion yang memekar dan maju, karena memang samalah esensi antara cita-cita filsuf Hook dan apa yang dicita-citakan para perintis kemerdekaan bangsa kita, yakni bahwa kemerdekaanlah yang menjadi kunci pemekaran diri dan kemajuan bangsa. Untuk itu, Proklamasi Kemerdekaan didengungkan dan diperjuangkan dengan banyak pengorbanan. Bukan hanya kemerdekaan bangsa sebagai koletivitas nasion, akan tetapi juga kemerdekaan bagi setiap pribadi dan warga negara Republik Indonesia Proklamasi 17 Agustus 1945. Pragmatis seperti yang didefinisikan diatas pun dapat kita setujui dan dukung. Bukan hanya kemerdekaan dalam teori, melainkan juga dalam kenyataan praktis sebagai proses operasional.
Namun predikat liberal tidak disukai dinegeri ini. Dan ini dapat kita pahami, karena liberalisme pada dasarnya adalah penerapan Hukum Darwin: survival of the fittest memang hasilnya gemilang. Buahnya adalah makhluk-makhluk insan dan teknologi yang the fittest. Akan tetapi pengalaman bangsa kita dari zaman ke zaman mengenai Darwinisme politik, ekonomi, sosial dan kultural terlanjur sangatlah pahit. Memang bagi bangsa yang terdiri dari gamesman, junglefighters, craftsmen dan companymen yang tumbuh dari benih-benih unggul para emigran yang agresif, Darwinisme sangat menarik. Kemungkinan menang jaya memang besar. Akan tetapi bagi bangsa yang masih serba luka-luka berat, lemah dalam banyak hal, yang masih dibebani mental warisan berabad-abad sebagai kuli dan babu, serta kedudukan yang sampai hari ini terus-menerus terpojok dan dikalahkan secara ekonomi dan militer, pegangan hidup survival of the fittest tentu saja tidak menarik, bahkan merupakan ancaman yang serius. Liberalisme praktis akan merupakan formula bunuh diri yang bodoh.
Oleh karena itu kebebasan gaya Amerika dan liberalisme sama sekali tidak menarik bagi bangsa kita, dan seumumnya bagi bangsa-bangsa yang masih lemah serta mudah tercerai-berai. Ini wajar, karena pandangan manusia selalu adalah pandangan dengan melihat relevansi konteks diri dan posisi dirinya, tanpa mencemoohakn “the Strong Force” dan “the Gravitational Force” dari yang kita persepsi sebagai the Truth. Kebenaran, yang berlaku universal. Sebab, kebenaran harus menjadi struktur dasar dari kehidupan bangsa Indonesia, juga sebagai bangsa yang particular diantara bangsa-bangsa di dunia ini, akan tetapi yang mau mengintegrasikan diri ke dalam persaudaraan semua bangsa modern.
Kemerdekaan yang kita cita-citakan bukan kemerdekaan atau kebebasan liberal, akan tetepi kemerdekaan yang bertanggung jawab. Ini an sich sebenarnya suatu tautologi, sebab semua kemerdekaan yang sejati selalu bertanggung jawab, tidak sewenang-wenang. Dan sebaliknya, tanggung jawab sejati selalu datang dari dalam kemerdekaan. Oleh karena itu istilah kemerdekaan yang bertanggung jawab pada hakikatnya hanyalah deskripsi lain tentang kemerdekaan yang tidak Darwinistik.
Demikianlah, bagi suatu bangsa bekas terjajah yang sampai hari ini masih dalam posisi lemah penghayatan eksistensialnya, dengan tradisi amat panjang perbudakan zaman feodal dan penjajahan neokolonial dari luar, suatu bangsa yang belum mengalami sebentuk Renaisans atau Pencerahan (jadi soalnya tidak melulu pada segi kognitif belaka), soal-soal kemerdekaan, demokrasi, humanisme, naturalisme, pendidikan, pragmatisme dan sebagainya tidak mungkin dihayati secara reduksionis saja, seolah-olah permasalahannya hanyalah pada aspek rasionalitas atapun intelektualitas saja.
Demikian pun masalah individualisme, betatapun penting demi kemajuan, sulit dirasakan sesuatu yang tidak mengkha watirkan, karena bangsa kita baru saja melepaskan diri dari cenkraman suatu system yang justru menjunjung tinggi individualism secara liberal. Jadi masalahnya bukan saja pada soal prinsip apakah Hukum Darwin pantas diberlakukan pada manusia pula, tetapi juga pada segi psikologi pengalaman historis dan kondisional.
Orang miskin,lemah, labil dan agraris belum mengalami kesadaran Pencerahan, dan karena itu masih sempit horisonnya, primodial dan emosional cita rasanya. Maka agar menjadi kuat, bangsa itu terpaksa harus saling bersatu dulu dan merupakan kolektivitas yang kuat (dengan baiaya sosial mahal: mengesampingkan dahulu sebagian dari hak-hak individu) sebelum mampu mencapai fase budaya sebentuk Renaisanse atau pencerahan dengan ciri-cirinya yang humanis, demokratis, intelektual, individual, bebas relative tak tergantung pada kolektivitas, berpikir rasional dan luas, dan sebagainya. Lagi, bangsa Indonesia bukan bangsa Amerika. Pernah memang zaman dulu suku-suku Nusantara masih berbudaya maritime dan memiliki mental sikap pemberani dan kuat penuh tekad petualangan,. Tetapi masa itu sudah diakhiri oleh zaman perbudakan yang trerlanjur mewariskan sikap jongos dan babu yang sangat mendalam, dan yang masih dapat kita lihat warisannya dimana-mana sampai saat ini, tidak terkecuali bahkan khususnya di kalkangan birokrasi.
Oleh karena itu apa yang dinasihatkan oleh Sidney Hook, dengan latar belakang pengalaman dan penghayatan eksistensial bangsanya yang lain sama sekali milik kita, harus kita sambut dengan baik, tetapi kita saring dengan berhati-hati. Suatu bangsa yang masih merasa diperlakukan tidak adil dan terhisap oleh liberalism dan pragmatis neokolonial dan neoimprialistik sulit diharapkan untuk merangkul liberalism, pragmatism, naturalism maupun model-model humanism dan demokrasi yang justru menjadi pedoman dasar negeri para penghisap itu.
Namun dari pihak lain, dengan saringan kritis tertentu, saripati dari esai-esai sang filsuf Sidney Hook dapat berharga bagi kita. Tiada lain karena nyatanya bangasa-bangsa yang baru saja membebaskan diri dari kekuasaan sewenang-wenang asing mudah sekali terjatuh dalam system-sistem yang sama saj: tidak adil, tidak manusiawi, tidakmenghargai rakyat banyak, tidak rasional dan sebagainya, yang dating dari oknum-oknum bangsa sendiri daripada yang pernah dilakukan oelh bangsa-bangsa asing. Seperti tidak jarang juga perang dengan musuh luar.
Maka kendatipun kita tidak suka dengan kebebasan dan demokrasi ala barat, misalnya, itu tidak berarti bahwa kita lalu dibebaskan dari kewajiban mencari bentuk-bentuk kemerdekaan da demokrasi yang berakar sungguh pada sikap dasar perikemanusiaan yang adil dan beradab. Dalam Ikhtiar ini orang bijak tidak akan mencasri selalu dari titik nol. Bila kita arif, amka kita dapat belajar dari orang lain, dari pengalaman bangsa dan filsuf dari bangsa-bangsa lain, karena khasanah pemikiran dan kearifan dari bangsa mana pun dan jaman kapan pun adalah harta kekayaan bangsa kita juga yang pastas kita manfaatkan sebagai modal.
Hook dan banyak para filsuf Barat yang sekularitis sangat kritis terhadap misalnya segala bentuk teologi dogmatic. Beliau skeptic terhadap segala pencarian Ultimate Being yang lazim kita sebut Tuhan. Juga mengenai segala pencarian ontology eksistensial. Hook mengkritik segala usaha untuk memperoleh kesimpulan-kesimpulan etika dari premis-premis teologi. Sebagai naturalis ilmiah Hook maintains that the method of science is the most reliable method for stabling truth claims in all fields of human interest, but this method is not esoteric, but is continuous with the use of critical intelligence in ordinary life. Demikian komentar Profesor Paul Kurtz.
Namun lagi ini: bagaimana mungkin bangsa yang sedang berkembang, yang sedang tersudut terus-menerus oleh tata-dunia politik, ekonomi, sosial, dan cultural yang didiktekan justru oleh bangsa-bangsa yang begitu canggih mempergunakan the method of science…dengan (their) criticsal intelligence in (their) ordinary life itu dapat percaya, bahwa metoda yang mereka pakai itu the most reliable method bagi kita disini? Bangsa kitaadalah bangsa yang ingin maju dan tidak takut terhadap metoda ilmiah, akan tetapi tetaplah bangsa kita bersila Ketuhanan Yang Maha Esa. Kritis tidak harus berarti memeluk skeptisisme sekularistik yang pernah menjadi induk dari tata dunia yang samapiu saat ini masih kita rasakan penuh dengan ketidakadilan, kekejaman modern dan dekadensi moral.
Mungkin Sidney Hook dan banyak pakar yang searus dengannya masih mempunyai suatu pengertian kuno tentang yang disebut Dogma. Dogma dalam pengertian kuno memang dipahami sebagai kebenaran mutlak. Tetapi kita sekarang sudah sampai pada pengertian psikologis antropologis yang lebih seimbang, bahwa kebenaran mutlak hanyal Tuhan atau terserahdengan Nama apa kita menyebutNya.Agama pun bukan tuhan. Juga dogma bukan tuhan. Maka dogma apa pun bukan kebenaran mutlak, emlainkan hanya ekspresi pembahasan manusiawi yang kontekstual ikut diwarnai zaman dan budaya tertentu yang berusaha dengan bahasa manusia (yang selalu tidak pernah sempurna dan mutlak) untuk mendekati sebagian dari kebenaran melewati symbol-simbol. Semua bentuk bahasa adalah symbol. Simbol menunjuk kepada yang ditunjuk, tanpa menjadi apa yang ditunjuk. Selain itu bahasa manusia tidak pernah mutlak, karena bahasa manusia hidup dan berproses.
Bahasa seorang anak tentulah bukan lagi bahasa kaum dewasa. Tetapi padsa waktu sianak mengatakan ia mendengar bisikan angin didedaunan dan ia senang melihat bulan tersenyum, itu sungguh Dogma bagi dia, dalam kerangka kemampuan, fase perkembangan, dan konteks upaya pencarian si anak. Ia yakin bahwa angin benar-benar berbisik dan bahwa bulan benar-benar tersenyum. Manusia dewasa tahu lebih banyak tentang fisika angin dan keadaan bulan yang nyata. Tetapi manusia dewasa yang arif tidak akan mempersalahkan anak apabila si anak yakin bulan tersenyum. Setiap fase perkembangan historis punya bahasa, ekspresi, bahkan sistem-sistemnya sendiri yang dulu kontektual historis diyakini orang sebagai yang terbaik dan wajar, tetapi dalam fase kesadaran kita sekarang jelas tidak akan diiyakan begitu saja dan dipakai oleh manusia sekarang. Kita juga tidak akan menyalahkan orang mengapa dulu Majapahit bukan republik, walaupun kita sekarang tidak akan memakai sistem kerajaan Majapahit untuk Indonesia.
Namun tetaplah kritik Hook dan banyak orang sekularis sah dan pantas diperhatikan oleh setiap manusia yang ingin beriman dan bertakwa secara benar dan jujur. Kenyataan historis melaporkan betapa seringya agama-agama merupakan sumber perpecahan dan hampir selalu agama disalahgunakan untuk memperkuat kedudukan kaum penguassa lalim dan menyelubungi Kebenaran. Lupa, bahwa betapapun keramatnya agama, tetap agama tidak sama dengan Tuhan. Namun sebaliknya, pada waktu kita jujur mengakui bahwa agama-agama memang dari kodratnya ekslusivistik dan karenanya mudah menjadi sumber perselisihan dan topeng penutup kebenaran, pada waktu itu tidak bolehlah kita lupa, bahwa lainlah religiositas, iman dan takwa, esensi dari fenomen manusia religius. Religiositas bersifat inkusivis, dan karena itu tidaklah perlu orang yang pragmatis, humanis, demokratis, dan kritis terhadap agama harus menyangsikan fungsi dan kebaikan religiositas  dalam diri manusia yang merasakan suatu kerinduan kepada segala yang transenden yang akhirnya bermata air pada Tuhan, sumber dari segala sikap baik, suka damai dan saling mengangkat, sambil mencari dengan jujur dengan rasionalitas ilmiahnya maupun kepercayaan intuisinya prinsip-prinsip keberadaan diri manusia serta semesta raya. Sebab, manusia tidak dapat direduksi pada dimensi inteligensinya saja.
Selain itu kita didak boleh lupa pula: bagaimanapun hebatnya metoda analitik dan pencapaian sebagian kebenaran oleh intelegensi kritis, oleh sains, kriteria dan metoda sains itu sendiri tidaklah mutlak juga, dan berlaku hanya pada dimensi ilmiah eksperimental empirik. Masih ada dimensi-dimensi kehidupan dan penghayatan lain dalam manusia yang sah dan sangat manusiawi berada di luar wilayah sains. Ini pun diakui Hook. Dengan kata lain, dengan segala kekaguman dan penghormatan kita kepada sains dan daya inteligensi manusia, metoda sains bukan the most reliable method for establishing truth claims in alll fields of human interest; bukan kriterium dan penata terakhir dari hidup manusia, walaupun alat hebat itu mampu  menerangkan dan menyumbang  sangat banyak bagi perkembangan dan pendewasaan manusia dalam penanganan hidup diri manusia dan semesta alam.
Mental analitis Barat suka bekerja dan memang subur berhasil dengan skema: “atau ini atau itu.” Namun dianalisis tidak dikerjakan hanya demi analisis. Analisis dilakukan demi suatu sintesis. Maka cara pikir atau ini atau itu memerlukan dialektik yang pas dengan cara pikir “ini” dan” itu”. Tidak dalam suatu penjumlahan acak gado-gado eklekticistis, tetapi sintesis. Untuk itulah ada metoda dan sikap dialog serta dialektik. Inteligensia adalah salah satu kemampuan manusia yang sangat unggul. Tetapi tidak segala-galanya. Hanya lewat dialektik antara dimensi inteligensi atau sains dengan dimensi-dimensi kemampuan atau bakat lain dari manusia kita dapat mendekati the Truth secara lebih baik.
Mungkin seandainya Sidney Hook sekarang masih hidup, dan melihat realita tata dunia sekarang yang tidak tidak lagi menTuhankan sains seperti di tahun-tahun sebelum Perang Dunia sampai tahun-tahun 1960an, boleh jadi beliau, dengan kecerdasan dan ketajaman analisisnya, akan banyak merevisi  pandangan-pandangan beliau terhadap status dan kemampuan sains. Namun bagi kita, apa yang disajikan oleh filsuf Sidney Hook ini tetap sangat berharga sebagai ajakan untuk lebih mendalami lagi permasalahan-permasalahan yang begitu penting dan menentukan, seperti kemanusiaan, demokrasi, kemerdekaan, pendidikan, serta tragedi-tragedi yang menimpa bangsa manusia, baik lokal, nasional maupun global. Tidak untuk mengimitasi cara pemecahan soal dari wilayah budaya lain yang mempunyai histori dan posisi lain sama sekali dari situasi kondisi yang kita duduki, akan tetapi untuk mengambil hikmah dari setiap pemikiran yang mendalam, termasuk pemikiran-pemikiran Hook. Demi Pencarian kita meraih kebenaran dan kemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempunyai esensi universal. Dalam suasana hati keterbukaan, namun juga dengan kritis kita renungkan esai-esai Socrates dari Amerika ini.

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html